Pelayanan Apa Saja yang Bisa Anda Dapat Dari Jasa Topografi ?

Saat Anda berurusan dengan tanah, tentu Anda perlu menggunakan jasa topografi. Baik untuk mengurus masalah jual beli, kebutuhan proyek pembangunan dan juga pemetaan daerah tanah jika ukuran sangat besar memerlukan ilmu topografi ini. Tentu tidak semua orang tahu apa sebenarnya kegunaan topografi ini.

Masih banyak orang awam hanya menghitung luas tanah dengan menggunakan meteran dan juga patok. Tentu hal ini bisa digunakan secara tradisional, tapi jika kebutuhan bangunana Anda harus tepat dan akurat, pengukuran dengan cara ini tentu tidak cukup. Info data tanah yang digunakan untuk kebutuhan membangun kebun dan kebutuhan bangun gedung bertingkat. Karena itu, Anda harus utamakan penggunaan jasa ini dari para ahli.

Bagi Anda yang ingin tahu pelayanan apa saja yang bisa Anda dapat dari jasa topografi berikut adalah beberapa diantaranya:

Pengukuran Tanah Secara Detail

Hal yang paling umum bisa Anda dapatkan dari jasa topografi tentunya adalah ukuran tanah. Saat melakukan pengukuran, Anda tidak hanya mendapatkan batasan – batasan tanah dan panjangnya saja seperti menggunakan meteran biasa. Menggunakan topografi Anda bisa mengukur dari dataran yang berbeda elevasi ataupun dataran yang dipisahkan oleh fenomena seperti sungai ataupun bukit.

Untuk pengukuran tanah rumahan, tentu proses topografi yang sulit tidak dilakukan, tapi saat penghitungan berhubungan dengan proyek ratusan hektar, tentu detail ukuran ini sangat diperlukan. Misal saja saat membangun bandara untuk daerah tertentu. Luas lahan tentu harus besar dan rinci karena ada kesalahan hitung, landasan pesawat yang akan dibangun dapat terpengaruh.

Mengetahui Tampilan Ketinggian Tanah

Selain luas dari tanah, topografi juga bisa menunjukkan ketinggian dan bentuk tanah area sekitar. Contoh saja area perkebunan teh yang luas akan dibuat menjadi area perumahan mewah. Posisi seperti bukit dan lembah yang ada di kebun ini perlu diukur untuk menentukan bangunan mana yang bisa diletakan di situ.

Perumahan sendiri tentu ingin ada sedikit perbedaan elevasi untuk membuat penampilan rumah yang ada di situ tampak special. Rumah mewah di atas bukit tentu dapat menarik banyak pembeli. Nah, dengan topografi ini, Anda bisa mengetahui area mana yang paling tinggi dan cukup datar untuk kebutuhan bangunan ini.

Untuk Kebutuhan Survey Lokasi

Topografi sebetulnya bisa digunakan untuk mengambil data lokasi dengan detail. Menggunakan perhitungan posisi, banyak data dan informasi yang bisa didapat dari penggunaan jasa topografi ini. Misalnya saja untuk pembuatan banguanan mall. Jika menggunakan topografi, Anda bisa survey tempat datar yang luas untuk kebutuhan parkir dan taman, sedangkan untuk area yang tidak rata nantinya akan digunakan untuk kebutuhan bangunan setelah diratakan. Tanah yang tidak rata ini biasanya lebih solid karena tumpukan tanah di situ bisa menopang elevasi yang tinggi. Detail seperti ini tentu tidak akan didapat jika hanya mengukur secara normal.

Persyaratan Untuk Pembangunan

Di Indonesia penggunaan data topografi sangat dibutuhkan untuk perijinan pembangunan tertentu. Tentu hal seperti rumah dan taman di tanah kecil mungkin tidak butuh info topografi yang detail jadi masih bisa diukur sendiri. Tapi jika sudah memasukan hal seperti pabrik, tentu topografi menjadi penting.

Menggunakan jasa topografi, Anda bisa menentukan aliran limbah, di mana harus membangun pabrik dan dimana harus menaruh gudang. Tergantung pabrik apa yang dibuat, tentu perencanaan akan berubah tergantung info topografi yang didapat. Hal inilah yang membuat perijinan bangunan khusus seperti ini memerlukan data topografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 082126862689