Mengenal Lebih Dekat Sondir Tanah

Uji sondir tanah

Bagi Anda yang hendak mendirikan bangunan, khususnya untuk bangunan komersial yang berukuran besar sebaiknya mencari jasa soil test untuk menguji lahan yang akan dibangun. Pengujian sondir itu sendiri adalah salah satu pengujian penetrasi yang memiliki tujuan mengetahui daya dukung tanah di setiap lapisan dan mengetahui seberapa kedalaman lapisan pendukung yakni lapisan tanah keras.

Hal tersebut bertujuan agar dalam proses desain pondasi yang akan digunakan untuk menyokong kolom bangunan di atasnya mempunyai safety factor atau faktor keamanan yang tinggi sehingga bangunan yang ada di atasnya tetap kokoh serta tidak mengalami settlement atau penurunan yang dapat berbahaya dari segi keselamatan terhadap bangunan maupun penghuni di dalamnya.

Sampai saat ini masih saja ada kasus kegagalan struktur seperti bangunan runtuh atau roboh yang disebabkan kurang diperhatikannya pentingnya pengujian soil test oleh jasa sondir tanah terpercaya. Oleh Sebab itu bagi siapapun yang akan melakukan pembangunan sangat dianjurkan untuk melakukan sondir tanah atau pengujian tanah agar dapat merancang jenis pondasi yang efektif dan aman sesuai dengan karakteristik tanah serta menyesuaikan jenis bangunan yang akan didirikan.

Mengenal Alat Sondir

Sondir merupakan suatu alat yang memiliki bentuk silindris dengan bagian ujung berupa konus. Jenis yang digunakan biasanya adalah bi-conus type. Begemann dilengkapi dengan jaket atau penutup untuk mengukur hambatan pelekat lokal atau side friction dengan dimensi berikut:

  • Sudut kerucut konus sebesar 60 derajat
  • Luas penampang konus sebesar 10.00 cm persegi
  • Luas jaket atau penutup 150 cm persegi

Dalam proses pengukuran tanah, stang alat tersebut ditekan ke dalam tanah. Setelah itu perlawanan tanah terhadap ujung sondir atau tahanan uji dan gesekan yang terdapat pada silimur silinder akan diukur. Sebenarnya alat ini sudah lama digunakan di Indonesia dan selalu digunakan di setiap penyelidikan tanah pada bidang pekerjaan teknik sipil karena pemakaiannya cukup mudah, cepat, dan juga ekonomis.

uji sondir tanah
Kegiatan uji sondir tanah

Sesungguhnya alat uji sondir yang digunakan oleh jasa sondir tanah adalah representasi atau model pondasi tiang dengan skala yang lebih kecil. Teknik pendugaan lokasi atau pengujian kedalaman tanah keras menggunakan suatu batang sudah dipraktekkan sejak jaman dulu.

Sejarah Sondir Tanah

Versi awal dari teknik pendugaan ini sudah dikembangkan pada tahun 1917 di Swedia oleh Swedish State Railways. Selanjutnya pada tahun 1927 dikembangkan oleh Danish Railways, Karena tanah memiliki kondisi lembek dan terdapat banyak penggunaan pondasi tiang, orang – orang Belanda pada tahun 1934 memperkenalkan alat sondir seperti yang dikenal oleh masyarakat Indonesia saat ini.

Selanjutnya metode ini dikenal dengan berbagai macam nama seperti Duch Cone Static Penetration Test, Static Penetration Test, dan sering disebut secara singkat dengan sounding yang artinya pendugaan. Di tanah air, pengujian ini dikenal dengan sebutan sondir yang diadaptasi dari bahasa Belanda.

Bagi Anda yang berada di Jakarta, saat ini sudah ada beberapa jasa sondir tanah Jakarta yang menawarkan pengujian untuk jenis tanah atau lahan untuk mendirikan bangunan. Pada dasarnya setiap jasa sondir tersebut menawarkan cara kerja yang sama. Namun agar semakin yakin, pilihlah jasa sondir yang sudah terpercaya dan memiliki pengalaman cukup lama di bidang soil test agar hasil yang diperoleh benar-benar akurat. Pasalnya jika hasil yang diperoleh tidak akurat, hal ini akan sangat berbahaya atau beresiko terhadap bangunan yang akan didirikan di atas lahan tersebut di masa mendatang. Pasalnya bangunan tersebut beresiko roboh jika tidak memiliki pondasi yang sesuai dengan karakteristik tanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 082126862689