Jenis dan Cara Kerja Sondir Tanah

Pondasi adalah bagian konstruksi yang berfungsi menyalurkan beban langsung ke dalam tanah. Ketika kondisi tanah di bagian bawah struktur cukup kuat atau dapat mendukung beban yang ada, ini artinya pondasi plat setempat bisa digunakan untuk menyalurkan beban. Selain itu jika kondisi tanah permukaan merupakan tanah lunak, berarti pier atau tiang dapat digunakan untuk penyaluran beban lebih dalam pada tanah yang paling sesuai.

Di dunia konstruksi, orang yang dapat menentukan daya dukung ijin pembuatan pondasi dangkal adalah insinyur geoteknik atau mereka yang bekerja di bidang jasa soil test. Insinyur geoteknik berperan menginterpretasikan informasi soil investigation untuk memperoleh prediksi performansi pondasi. Umumnya penyelidikan tanah di Indonesia untuk pondasi dangkal menggunakan metode CPT atau sondir. Hasil prediksi tersebut adalah laporan rekomendasi dari insinyur geoteknik. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengetahui daya dukung tanah dan alat sondir merupakan salah satu cara yang paling umum dilakukan. Sondir itu sendiri cara pengujian tanah untuk melihat karakteristik tanah yang dilakukan secara langsung di lapangan yang akan dibangun pondasi. Pengujian ini dapat dilakukan oleh insinyur geoteknik atau jasa topografi.

Jenis Sondir

Sondir terdiri dari dua macam yaitu sebagai berikut:

  • Sondir ringan kapasitas 0 – 250 kg/cm2
  • Sondir berat kapasitas 0 – 600 kg/cm2

Secara umum jenis tanah yang cocok untuk disondir adalah yang tidak mengandung banyak batu.

Cara Kerja Sondir Tanah

Sondir tanah harus dilakukan dengan tahapan khusus yaitu sebagai berikut:

  • Menentukan lokasi yang memiliki permukaan datar
  • Memasang 4 angker ke dalam tanah. Cara memasang angker adalah memutarnya dengan kunci pemutar angker atau kunci T. Setelah itu, pasang 2 pelat persegi memanjang di dekat angker. Jarak kedua pelat dan jarak antar angker dapat disesuaikan dengan ukuran alat sondir
  • Mesin sondir dipasang oleh jasa sondir tanah secara tegak lurus dan perlengkapannya di lokasi pengujian diperkuat dengan pelat besi pendek untuk menahan mesin kemudian diperkuat dengan pengunci angker yang dipasang di tanah
  • Memasang traker dengan tekan stang dalam. Ketika penekanan pertama, bagian ujung konus bergerak ke bawah sekitar 4 cm. Setelah itu dilakukan pembacaan manometer yang menyatakan perlawanan ujung. Dalam penekanan selanjutnya, mantel dank onus bergerak 4 cm. Nilai yang terbaca pada manometer merupakan nilai perlawanan lekat dan nilai tekanan ujung.
  • Menekan stang luar ke kedalaman baru. Stang tersebut ditekan sampai setiap kedalaman bertambah 20 cm
  • Langkah yang sama dilakukan sampai pembacaan manometer 3 kali berturut – turut menampilkan nilai lebih dari sama dengan 150 kg/cm2. Jika penekanan mesin sondir telah mencapai batas maksimal atau sudah mencapai tanah keras, pengujian tersebut dapat dihentikan.
jasa sondir jakarta bandung

Terdapat dua data yang bisa diperoleh dari tes pengukuran tanah ini yakni hambatan lekat tanah dan perlawanan penetrasi konus.  Hambatan lekat merupakan perlawanan geser tanah dengan selubung bikonus. Perlawanan penetrasi konus merupakan perlawanan tanah dengan ujung konus mesin sondir.

Data yang diperoleh dari proses soil tes akan sangat membantu pemilik lahan dan arsitek untuk merencanakan pondasi bangunan. Data tersebut dapat memudahkan arsitek memilih jenis pondasi yang sesuai dan paling kuat untuk konstruksi yang akan dibangun. Bagi Anda yang berada di daerah Karawang dan memerlukan jasa sondir, di Karawang saat ini sudah ada sondir tanah Karawang yang dapat membantu Anda. Dilakukan oleh mereka yang bekerja di bidang geoteknik, hasil tes sondir tersebut akan memudahkan Anda mengetahui pondasi yang paling sesuai untuk dibuat di lahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 082126862689