Jasa Sondir Mudahkan Proses Pemilihan Pondasi

Pengukuran tanah wajib dilakukan sebelum membuat pondasi. Pondasi merupakan sebuah komponen vital dalam pembangunan berbagai macam konstruksi bangunan karena posisinya yang berada di bagian paling bawah atau sebagai dasar bangunan. Fungsi dari pondasi adalah sebagai bagian yang menguatkan bangunan serta menjaga agar bangunan tidak bergeser yang merupakan penyebab bangunan ambruk.

Selain itu, pondasi juga berperan untuk membantu pergerakan air. Jadi, pondasi akan membuat bangunan lebih kokoh berdiri saat tanah terkena air hujan atau terjadi banjir. Fungsi lainnya dari pondasi adalah untuk menyesuaikan kontur tanah dan gangguan zat organik maupun anorganik yang dapat terjadi. Pada proses pembangunan, ketika Anda membangun pondasi yang kuat dan sesuai dengan karakteristik tanah, bangunan tersebut akan bertahan untuk waktu yang lama.

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membuat Pondasi

Pada dasarnya ada sejumlah syarat yang wajib dipenuhi ketika Anda ingin membuat pondasi rumah,salah satunya adalah dengan melakukan sondir tanah oleh jasa sondir tanah. Jika syarat tersebut tidak terpenuhi maka mungkin saja bangunan yang dibuat tersebut akan lebih mudah roboh. Selain sondir tanah melalui jasa soil test, berikut ini adalah beberapa syarat pondasi yang wajib dipenuhi:

  • Harus tahan rotasi, korosi, gelincir, dan kekuatan geser
  • Konstruksi dan bentuk pondasi harus kokoh serta dapat menahan beban bangunan di atasnya
  • Tanah yang menjadi dasar pondasi juga harus keras dan kuat agar terjamin kestabilannya ketika dijadikan sebagai dudukan pondasi
  • Kedalaman pondasi memadai dan di bawah area volume perubahan musiman
  • Bahan yang digunakan untuk membangun pondasi terbuat dari bahan yang awet dan tidak mudah hancur

Jenis Pondasi yang Banyak Digunakan Saat Ini

Ada beberapa tipe atau jenis pondasi yang umum digunakan saat ini yaitu sebagai berikut:

  • Pondasi Bored Pile

Ini adalah jenis pondasi yang dianjurkan untuk tanah keras di kedalaman 20 m ke bawah. Bored pile termasuk jenis pondasi dalam. Dari segi biaya, pondasi ini lebih hemat. Pada pembuatan pondasi ini biasanya akan dibuat lubang lebih dulu dengan cara dikeruk kemudian dilakukan pengecoran beton bertulang. Untuk membuat jenis pondasi ini diperlukan perhitungan yang tepat karena semen sebagai perekat kadang larut ke dalam tanah

  • Pondasi Tapak

Pondasi tapak merupakan jenis pondasi yan dapat dibuat menjadi berbagai bentuk seperti persegi, melingkar, atau persegi panjang. Biasanya pondasi tapak digunakan untuk tanah yang lembek atau untuk bangunan dengan struktur tinggi seperti gedung bertingkat. Biasanya pondasi tapak terdiri dari beton bertulang dan memiliki ketebalan sama. Selain dapat digunakan untuk pondasi dalam, pondasi ini juga dapat digunakan untuk pondasi dalam

  • Pondasi Sumuran

Untuk lahan yang sempit umumnya menggunakan jenis pondasi sumuran. Pondasi ini menggunakan beton dengan ukuran 60 – 80 cm dan memiliki kedalaman 1-2 m. Dari kedua pondasi yang telah disebutkan di atas, ini adalah pondasi yang paling rumit serta sulit dikerjakan. Apalagi pondasi ini juga cukup boros adukan beton sehingga hanya digunakan untuk jenis tanah yang kurang stabil.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih pondasi yang tepat, Anda sebaiknya mencari jasa topografi atau jasa sondir untuk menguji tanah yang akan digunakan untuk mendirikan bangunan tersebut. Jasa sondir kini sudah banyak dijumpai di berbagai kota di tanah air sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan jasa tersebut. Selain itu, Anda juga dapat melakukan konsultasi pada jasa sondir tanah Cirebon sebelum mereka melakukan sondir tanah di lahan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 082126862689