Jasa Soil Test

Untuk Apa Menggunakan Jasa Soil Test?

Anda tentu pernah mendengar tentang jasa soil test saat berurusan dengan transaksi tanah atau kebutuhan pembangunan. Di antara Anda tentu ada yang sudah tahu tentang soil test ini, tapi masih banyak juga orang – orang yang tidak tahu dan tidak sadar betapa penting penggunaanya.

Jika Anda adalah salah satu orang yang tidak tahu tentang soil test ini, Anda mungkin bisa mengetahui seputar arti dan penggunaanya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Soil Test?

Pada dasarnya soil test adalah cabang ilmu geoteknik yang bercabang dari pengetahuan teknik sipil. Dalam bahasan pembelajarannya, geoteknik berusaha mengetahui mekanika tanah, teknik pondasi dan juga struktur tanah. Tentu saja hal – hal lain juga masih dipelajari, tapi hampir keseluruhannya berhubungan dengan interaksi antara tanah dan bangunan.

Ilmu ini berusaha membuat perhitungan dari struktur dan unsur dalam tanah secara matematika. Penghitungan ini nantinya akan bisa digunakan untuk kebutuhan bangunan di mana tanah tersebut berada. Contoh saja di sebidang tanah, Anda akan membangun gedung pencakar langit. Jika dilakukan soil test sebelum membangun, Anda akan tahu apakah struktur tanah ini cocok menopang gedung dan pondasi yang akan digunakan jenis yang apa.

Saat menggunakan jasa soil test, Anda akan menemukan dua metode yang sering digunakan. Test ini adalah sondir dan boring. Jika ingin tahu lebih detail tentang kedua hal ini, mari lanjut ke bagian berikutnya!

Dua Jenis Soil Test

Jika Anda menggunakan jasa soil test, Anda nantinya akan ditanyakan ingin test yang seperti apa. Pilihan tes yang ditawarkan tentunya adalah sondir dan boring. Kedua test ini memiliki proses dan tujuan yang berbeda, jadi Anda harus pastikan dulu keperluan yang ingin Anda capai.

Jasa soil test boring adalah tes yang menggunakan metode pengeboran untuk mengetahui daya dukung tanah, karakteristik tanah dan juga kondisi geologisnya. Dari hasil tes ini, Anda akan mendapatkan hasil data susunan lapisan tanah dan kekuatan setiap lapisan. Nantinya setelah dikalkulasi, hasil data ini akan mengarahkan Anda untuk mengetahui kedalaman dan dimensi pondasi yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan bangunan tertentu.

Untuk jasa soil test sondir, hal ini dilakukan dengan mengambil sampel tanah dan melihat apakah tanah tersebut memiliki kekuatan tertentu untuk menahan bangunan. Test ini juga berusaha mengetahui keseragaman tanah untuk kebutuhan membangun pondasi. Berbeda dengan test boring, test ini lebih mudah dilakukan dan hanya untuk keperluan bagunan yang umum seperti rumah.

Kedua test ini tentu memiliki tujuan yang mirip untuk memastikan bangunan yang dibangun di atas tanah tersebut. Tentu hal ini tetap akan berbeda jika dilihat dari jenis bangunan yang akan dibangun. Test boring lebih menuju pada bangunan serius seperti jalan raya, jembatan layang dan juga bangunan pencakar langit. Tapi untuk kebutuhan bangunan standar, Anda cukup gunakan test sondir saja.

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan bahwa test soil ini memiliki tujuan yang umum untuk mengetahui informasi tentang hubungan tanah dengan bangunan secara mekanik. Jika jenis dan kekuatan tanah hasil tes menunjukan data tertentu, para pembangun bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk pondasinya.

Dari bahasan di atas, Anda tentu sekarang sudah tahu bahwa penggunaan test soil ini sangat penting untuk keperluan bangunan. Anda yang ingin beli tanah, juga sebaiknya menggunakan jasa soil test terlebih dahulu agar tidak rugi saat ingin membangun di situ. Siapa tahu saat di test, tanah tersebut tidak cocok untuk kebutuhan bangunan yang Anda inginkan.


							

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 082126862689