Berbagai Cara Mandiri Yang Bisa Digunakan Untuk Pengukuran Tanah

Semua orang yang berurusan dengan tanah tentu pernah melakukan pengukuran. Entah itu pengukuran dengan membayar jasa tenaga ahli ataupun menghitung sendiri. Menghitung sendiri tentu memerlukan pengetahuan dan usaha khusus, tapi jika dilakukan, Anda tidak perlu merogoh uang banyak untuk keperluan hitung luas tanah.

Mengeluarkan uang besar hanya untuk penghitungan sepetak tanah kecil tentu terasa berat bagi beberapa orang. Untuk membantu Anda yang ingin mencoba menghitung ukuran tanah sendiri, berikut beberapa cara pengukuran tanah yang bisa Anda gunakan!

Menggunakan Teknik Pita

Teknik pita ini merupakan hal yang paling umum digunakan sendiri untuk mengukur tanah. Di daerah yang tradisional, pita ini direntangkan di sekitar batasan tanah yang diukur. Karena pita ini bisa dibelokan dan fleksibel, penggunaanya cukup efektif untuk keperluan tanah yang tidak rata bentuknya.

Nantinya setelah rentangan tali pita kembali ke titik awal, pengukuran baru dilakukan terhadap panjang pita ini. Karena membutuhkan pita yang panjang, banyak orang menggunakan tali rafia gulungan untuk alternatif pengganti. Nantinya karena panjang keliling sudah ditemukan, Anda akan menghitung dengan rumus untuk mengetahui luas area-nya.

Tapi tentu Anda bisa lihat bahwa teknik pengukuran tanah ini memiliki kelemahan yang besar yaitu batasan ukuran yang bisa dilakukan. Jika mengukur tanah area rumah ataupun kebun, teknik ini masih mudah digunakan. Tapi saat mengukur area pabrik ataupun proyek, tentu kesulitan jadi berlipat ganda.

Menggunakan Alat App Smartphone

Di era sekarang ini, Anda bisa menggunakan banyak app untuk pengukuran tanah. Pemilihan app yang bisa digunakan pun ada banyak. Walaupun banyak dipilih, biasanya teknik yang digunakan untuk mengukur area ada dua yaitu manual dan otomatis lewat gambar.

Untuk manual, biasanya Anda membawa apps smartphone untuk menghitung langkah mengelilingi area tanah. Pada setiap point Anda berbelok, app ini juga akan mengikuti track arah jalan Anda menggunakan kompas. Nantinya setelah selesai berkeliling, app ini akan mendapatkan gambar tanah dan juga panjangnya. Dari app ini perhitungan otomatis akan berjalan dan data ukuran tanah sudah muncul di situ.

Untuk cara otomatis biasanya Anda memerlukan internet dan gps untuk akses data gambar satelit. Kebanyakan app menggunakan data Google Maps untuk keperluan ini. Nah, dari peta satelit dan Google Maps ini, Anda akan mematok batasan – batasan tanah dari peta. Jika gambar sudah jadi, app tersebut akan melakukan perhitungan luas benda dan keliling menggunakan skala yang ada di Google Maps.

App yang menggunakan teknik otomatis seperti di atas sebetulnya juga bisa Anda temukan ditawarkan di browser jadi Anda bisa menggunakan PC ataupun laptop untuk melakukan perhitungan. Kemudahan akses ini tentu membuat proses penghitungan mandiri mudah dan praktis.

Hal yang Penting Harus Diingat

Semua cara di atas tentu mudah digunakan untuk kebutuhan menghitung petak tanah yang tidak terlalu besar dan rata, tapi jika mengalami kesulitan, Anda jangan takut menggunakan jasa pengukuran tanah. Tanyakan pada notaris untuk keperluan tanah ini dan biasanya Anda akan dikenalkan pada jasa pengukuran tanah yang baik.

Menggunakan jasa ini penting karena jika sampai ada kesalahan dalam pengukuran, Anda akan rugi sendiri. Pengukuran haruslah detail dan seksama. Jika dilakukan oleh para ahli dan orang yang biasa mengerjakannya, tingkat error tentu menjadi lebih kecil.

Sekian bahasan tentang beberapa cara mandiri yang bisa Anda coba untuk melakukan pengukuran tanah. Mudah – mudahan bahasan ini berguna bagi Anda dan tentunya informative. Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 082126862689